//
you're reading...
Kegiatan

workshop wine

Sabtu, 18 desember 2010

Berawal dari obrolan tentang harga minuman beralkohol yang semakin mahal, dan panen buah mangga di salah satu rumah teman linonipi, terlintaslah ide buat bikin minuman fermentasi dari buah2an. Jumat sore, Dian MS membawa seplastik besar buah mangga harum manis ke linonipi…harumnya membuat beberapa teman tergoda, tetapi pertahanan teman-teman yang lain lebih keras untuk menahan supaya mangga2 yang menggiurkan itu ga dikonsumsi sebelum waktunya :D  Kemudian saya dan Sean browsing resep2 cara membuat wine, dan teringat sama bloggernya rumah info dandelion yang pernah juga membuat workshop wine. Hmm… tapi resepnya kurang lengkap jadinya tadi malam saya mengontak DJ, teman dari rumah info dandelion buat nanyain lebih detail gimana mempersiapkan dan cara2 buat bikin minuman fermentasi buah itu.

Sabtu siang Yaya menjemput saya di rumah. Blender, panci besar, gula pasir dan ragi dibawa serta. Sesampainya di linonipi, Titin dan Wana ternyata sedang membuat kartu2 ucapan buat dijual. Hari ibu, natal dan tahun baru adalah moment2 kapitalis yang membuat konsumerisme semakin menjadi. Hmm..pemanfaatan moment mungkin, beberapa kartu dibuat oleh titin dan wana diselingi oleh gangguan anak2 sekolah linonipi. Sabar yah bu kepsek titin🙂

Hmm…ternyata gas dari kompor portable belum dibeli, jadi saya dan wana pergi untuk membelinya. Sedikit perjuangan karena 300 meter dari SPBU, ugly tiba2 habis bensin….lumayan olah raga sore😀

Sesampainya di linonipi, kami pun langsung mengupas mangga dan menyiapkan semua peralatannya. Nah yang ini baru perjuangan yang cukup berat, menahan serangan orang2 yang tak tahan akan godaan manisnya mangga.

Berikut resep dan cara membuat minuman fermentasi buah mangga versi linonipi :

Bahan :

Mangga ukuran sedang dan besar 15 buah

Gula pasir 1 kg dicairkan

Sirup pisang ¾ botol, sebaiknya memakai air tebu (sesuai saran DJ)

Ragi roti

Alat2 :

Panci besar

Blender

Tempat untuk memfermentasikan minuman, kami memakai galon yang di sterilisasi memakai air panas dan uap

Kain penyaring

Kondom

Cara  membuat :

Mangga dikupas kemudian diblender dengan sedikit air, kemudian disaring diambil sarinya aja, ampasnya bisa dijadiin selai. Lalu sari buah tersebut di rebus sampai mendidih, kemudian masukan air gula dan sirup. Direbus sampai mendidih kemudian di diamkan sampai benar2 dingin.  Setelah dingin, taburkan ragi roti dan masukkan adonan tersebut ke dalam  galon yang sudah disterilisasi. Kemudian pasang kondom di mulut galon. Jika fermentasi itu berhasil, maka kondom akan menggelembung, tetapi jika tidak menggelembung artinya fermentasi gagal dan minuman tak layak di konsumsi. Diamkan selama kurang lebih  1 bulan, tapi mungkin kami  akan mencoba nya 2 minggu kemudian bertepatan dengan pergantian tahun  yang rencananya kami nantikan di pulau cinta, yaitu pulau cangke🙂

Selain mangga,  buah2 lain yang manis bisa juga difermentasikan menjadi minuman beralkohol. Hari ini juga, ada beberapa sisir pisang yang terbengkalai yang akhirnya dimanfaatkan Yaya dan Titin untuk dibuat  jadi wine.

Selamat mencoba teman2🙂

 

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: