//
you're reading...
Kegiatan

Ruang untuk semua..

Selain kelas-kelas dan workshop yang dilaksanakan, ruang baca alternatif, perpustakaan zine dan membangun ekonomi alternatif, linonipi sebagai rumah info juga membuka ruang khusus bagi komunitas-komunitas di makassar untuk mengadakan rapat-rapat, pertemuan atau gigs mingguan. Dan ini diberlakukan gratis untuk semua.

Salah satu kolektif otonomis di Makassar Malcom pada tanggal 20 desember mengadakan training jurnalistik dengan salah satu teman dari rumah baca bibliolic sebagai fasilitator. Sehari sebelumnya mereka telah mengabari salah satu partisipan Linonipi bahwa mereka akan mengadakan training jurnalistik terbuka, dan kami menyediakannya dengan sangat senang. Disini kami sebagai pengelola sekaligus sebagai partisipan aktif tidak bertindak sebagai tuan rumah, kami hanya menyediakan ruang khusus dan memfasilitasi kegiatan tersebut sebagai solidaritas kami dalam membangun pertemanan yang lebih menyenangkan.

Kegiatan tersebut dimulai dari jam delapan malam hingga selesai. Saya pun datang telat beberapa menit karena saat itu saya sedang menyelesaikan suatu urusan, dan ketika saya tiba di rumah suasana sudah sangat ramai dengan peserta yang datang dari beberapa komunitas dan kolektif-kolektif otonomis di Makassar.  Dan sebagai fasilitator kali itu adalah teman yang memang sudah lama berkecimpung dalam dunia jurnalistik.

Training tersebut diadakan karena beberapa anggota kolektif Malcom ingin belajar sama-sama tentang metode dasar jurnalistik dan saya sebagai partisipan aktif Linonipi sangat senang ikut belajar sama-sama mengingat pengetahuanku mengenai jurnalistik sangat sedikit. Peserta yang hadir pun hampir semua mengikutinya dengan semangat, suasana santai dengan candaan-candaan hangat dan cemilan membuat training malam itu tidak begitu kaku.

Yang membuat training tersebut semakin menyenangkan adalah teman yang bertindak sebagai fasilitator memberikan semacam latihan atau game diakhir pembahasan. Ini yang membuat semua peserta berpartisipasi secara aktif. Metodenya pun dari awal adalah belajar sama-sama dan melingkar bersama, jadi tidak ada yanng bertindak menggurui atau digurui, bahkan fasilitator kadang mendapat bantahan dari peserta dan fasilitator pun tidak menyangkal bahwa sebagai fasilitator dia tidak begitu sempurna memfasilitasi maka training pun semakin larut semakin menyenangkan.

Training jurnalistik selesai setelah berjalan beberapa jam. Namun sebagian peserta training tidak langsung pamit pulang, malam itu kami sempatkan waktu untuk ngobrol bersama diselingi candaan-candaan sebagai pengikat pertemanan.

Ruang seperti ini dibuka untuk semua. Kita bisa berbagi bersama tanpa perlu merasa canggung. Mari ciptakan ruang bebas non profit yang dapat diakses oleh semua orang ketika saat ini ruang tersebut ditutup untuk umum dan tak ada lagi pertukarang menyenangkan selain uang.

 

odit.

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: