//
you're reading...
Lain-lainnya

Workshop ekonomi alternatif..

Sebenarnya kalau disesuaikan dengan agenda Linonipi yang telah disepakati bersama, maka pada tanggal 19 desember 2010 itu adalah hari dimana kelas diskusi tematik dilaksanakan, tapi karena beberapa hal teknis dalam kolektif maka kelas ditunda.

Tapi bukan untuk menutupi kekosongan agenda atau karena menyayangkan penundaan kelas saat itu, tapi karena kebetulan teman dari inggris dan beberapa teman-teman kolektif sebelumnya telah mendiskusikan masalah ekonomi alternatif maka disepakati hari itu kami akan ngobrol santai sambil ngemil-ngemil ringan tentang ekonommi alternatif.

Workshop atau ngobrol-ngobrol ringan tentang ekonomi alternatif ini juga penting mengingat beberapa teman-teman di kolektif dan saya sendiri kadang-kadang harus memutar otak dengan keras ketika dihadapkan dengan masalah ekonomi. Banyak yang berkata bahwa tidak bisa dipungkiri ketika disatu sisi kita terus bergulat melawan otoritas negara dan perputaran modal namun disisi lain kita mau tidak mau harus memanfaatkan bagian terkecil dari kedua kekuatan brengsek tersebut untuk tetap bertahan agar perlawanan terus berkobar, tapi saya sendiri agak ragu.

Keraguan saya terjawab setelah teman dari inggris yang bertindak sebagai fasilitator workshop ekonomi alternatif memberikan pemaparan hampir detail tentang apa itu ekonomi alternatif dan pilihan-pilihan apa saja yang bisa kita pakai untuk tetap makan ketika makanan semakin mahal. Pada hari itu teman tersebut kita namai saja steven sangat antusias membawakan pembahasan tersebut, suasana rumah juga lumayan santai dan nyaman.

Awalnya, peserta workshop masih sedikit dan itupun kebanyakan hanya dari teman-teman dilingkar kolektif, namun semakin malam semakin banyak peserta yang hadir hingga ruangan tamu yang dijadikan sebagai tempat diadakannya workshop tak bisa menampung jumlah peserta yang berasal dari beberapa komunitas di Makassar. Namun suasana tetap santai dengan cemilan pisang goreng dan minuman sara’ba’ yang menghangatkan.

Steven yang tak begitu fasih beraksen indonesia tidak begitu kewalahan menjawab pertanyaan-pertanyaan dari peserta. Hanya saja dia harus menyesuaikan masalah yang dikemukakan dengan kondisi yang didapat di indonesia karena walaupun masalah yang dihadapi hampir sama namun penyelesaiannya belum tentu sama dan ini yang kadang membuatnya mentok ditengah-tengah pembahasan. Tapi selain itu workshop tetap berjalan menyenangkan dan tak jarang diselingi dengan candaan-candaan dari beberapa teman.

Semua peserta sangat hikmat mendengarkan steven menjelaskan. Apalagi ketika pembahasan sudah memasuki masalah manajemen keuangan dalam kolektif tanpa harus mengikuti sistem manajemen yang hirarki. Saya sendiri agak jenuh, cemilan makin sedikit, malam semakin larut dan tentang masalah manajemen keuangan saya bisa mempelajarinya secara langsung dari teman-teman kolektif yang menjadi contoh dari pembahasan steven, hehehehe. Saya hanya antusias ketika steven mulai memaparkan tentang kemampuan-kemampuan apa saja yang kita punya yang kira-kira bisa kita gunakan untuk mengelola ekonomi alternatif dengan tetap memakai semangat-semangat do it yourself.

Malam semakin larut dan sara’ba’ mulai dingin ditegukan terakhirnya, steven menutup penjelasannya dengan permintaan maaf apabila ada yang kurang dan salah. Ngobrol bareng malam itupun selesai tepat ketika jam menunjukan jam sepuluh malam. Semua puas, peserta satu persatu pamit pulang.

Workshop-workshop serupa, workshop d.i.y atau budaya-budaya tandingan seperti ini tetap akan diadakan. Kamu bisa juga menawarkan pembahasan seperti ini. Untuk yang tidak hadir pada malam itu atau tidak sempat, kamu bisa menawarkan untuk diadakan ulang jika itu dibutuhkan, atau kamu bisa jalan-jalan dan ngobrol bersama secara langsung dirumah.

 

Ok, sampai jumpa dikegiatan-kegiatan yang menyenangkan selanjutnya..

 

odit.

 

Discussion

2 thoughts on “Workshop ekonomi alternatif..

  1. menarik nih, bagi – bagi ilmunya dongšŸ˜‰

    Posted by Petang Hari Kelabu | January 3, 2011, 6:31 am

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: